Kamis, 09 Juni 2011

Endrokrin


A.  PENGERTIAN

Endokrin adalah klenjar yang mengirimkan hasil sekresinya langsung kedalam darah yang beredar dalam jaringan kelenjar tanpa melewati duktus atau saluran dan hasil sekresinya disebut hormon
Beberapa dari organ endikrin ada yang menghasilkan satu macam hormon (hormon tunggal) disamping itu juga ada yang menghasilkan lebih dari satu macam hormone atau hormone ganda misalnya kelenjar hipofise sebagai pengatur kelenjar yang lain.
Berasal deri sel-sel epitelyang melakukan proliferasi kea rah pengikat sel epitel yang telah berproliferasi dan membentuk sebuah kelenjar endokrin, tumbuh dan berkembang dalam pembuluh kapiler. Zat yang dihasilkannya disebut hormone,di alirkan langsung kedalam darah. Dalam keadaan fisiolagis hormone mempunyai pengaturan sendiri sehingga kadarnya selalu dalam keadaan optimum untuk menjaga keseimbangan dalam organ yang berada di bawah pengaruhnya, mekanisme pengaturan ini disebut system umpan balik negative. Misalnya, hipofise terhadap hormone seks yang dihasilkan oleh gonad, hipofise pars anterior menghasilkan gonadotropin yang merangsang kelenjar gonad menghasilkan hormone seks. Hormone yang dihasilkan kelenjar endokrin beberapa macam. Zat yang secara fungsional dapat dikualifikasikan sebagai hormone kimia dikatagorikan sebagai hormone organic.
Fungsi Kelenjar Endokrin
·         Menghasilkan hormone yang dialirkan kedalam darah yang di perlukan oleh jaringan dalam tubuh tertentu
·         Mengontrol aktifitas kelenjar tubuh
·         Merangsang aktifitas kelenjar tubuh
·         Merangsang pertumbuhan jaringan
·         Mengatur metabolisme, oksidasi, meningkatkan absorbs glukosa pada usus halus
·         Mengetahui metabolisme lemak, protein, hidratarang, vitamin, mineral, dan air.

Pembagian Di Dalam Tubuh
Kelenjar Hipofise
Suatu kelenjar endokrin yang terletak didasar tengkorak yang memegang peranan penting dalam sekresi hormon dari semua organ-organ endokrin. Dapat dikatakan sebagai kelenjar pemimpin, sebab hormone-hormon yang dihasilkannya dapat mengetahui pekerjaan kelenjar lainnya . kelenjar hipofise terdiri dari dua lobus.
a.        Lobus Anterior
Lobus anterior (adenohipofise) yang menghasilkan sejumlah hormone yang bekerja sebagai zat pengendali produksi dari semua organ yang lain.
1.       Hormone somatotropik, mengendalikan pertumbuhan tubuh
2.       Hormone tirotropik, mengendalikan kegiatan kelenjar tiroid dalam menghasilkan hormone tiroksin.
3.       Hormone adrenokortikotropik (ACTH), mengendalikan kelenjar suprarenal dalam menghasilkan kortisol yang berasal dari korteks kelenjar suprarenal.
4.       Hormone gonadotropikberasal dari follicle stimulating hormone (FSH) yang merangsang perkembangan folikel graaf dalam ovarium dan pembentukan supermatozoa dalam testis.
5.       Luteinizing hormone (LH), mengendalikan sekresi estrogen dan progesterone dalam ovarium dan testosreron dalam testis.
6.       Interstitial cell stimulating hormone (ICSH).

b.      Lobus Posterior
Disebut juga neurohipofise, mengeluarkan dua jenis hormone :
1.       Hormone antidiuretik (ADH), mengatur jumlah air yang keluar melalui ginjal, membuat kontraksi otot polos ADH disebut juga hormone pituitrin.
2.       Hormone oksi toksin merangsang dan menguatkan uterus sewaktu melahirkan dan mengeluarkan air susu sewaktu menyusui.

Makalah ENDOKRIN Download Link :

Tidak ada komentar: