Minggu, 24 Juli 2011

Merokok atau Sehat

Merokok merupakan kebutuhan bagi sebagian besar manusia. Banyak imbalan yang didapat dari merokok, diantaranya badan menjadi lebih segar, mengurangi depresi, penampilan yang lebih PD bagi sebagian remaja dll. Pendeknya dengan merokok maka diperoleh kepuasan tertentu.
Begitu besarnya pengaruh rokok terhadap manusia, hingga merasuk kesemua golongan manusia dari yang berstatus ekonomi rendah sampai ke tingkat ekonomi kelas tinggi, dari anak anak sampai ke kakek yang sudah renta dan batuk batuk lagi. Bahkan dikalangan ibu ibu pun tak mau ketinggalan menunjukan hak emansipasinya dalam merokok.
Semua sah sah saja silahkan merokok, dan mau tidak mau, sadar atau tidak sadar segala resiko merokok akan menyertainya. Resiko merokok banyak yang sudah mengenalnya, dari batuk batuk ringan  atau bisa juga akan memperparah bagi penderita  TBC Paru Paru (Tuberkulosis), sampai kanker yang berat, atau yang cukup dirasakan seketika adalah bertambahnya anggaran belanja.
Tidak mudah menghilangkan kebiasaan merokok, banyak yang telah mencoba, banyak pula yang berhasil, tapi banyak pula yang gagal malahan tambah meningkat intensitas merokoknya.
Pengalamanku dalam upaya melepaskan diri dari jeratan rokok sederhana sekali, hanya karena merasa diperbudak oleh rokok, maka langsung berhenti merokok. Banyak manfaat tidak merokok, diantaranya pakaian tidak bolong bolong karena api rokok, bangun pagi tidak usah mencari warung untuk beli rokok, dan yang lebih penting lagi persediaan operasional bulanan tidak mengalami defisit lagi seperti yang sudah sudah..
Pada awalnya memang berat merasakan bagaimana mulut yang terasa tidak karuan karena tidak merokok, sehari berlalu terasa amat panjang, dua hari, seminggu, sebulan ahirnya telah berjalan empat tahun terbebas dari rokok. Kiatnya hanya dengan kata jangan. Jadi bila ingin merokok maka katakan JANGAN, dan bayangkan bila memaksa merokok penyakit berat akan menimpa kita kelak. Atau bayangkan kalau sehari satu bungkus rokok, kalau tiap batang itu kita sambung sambungkan sehingga bila sebatang  kira kira 5 Cm jadi satu bungkus  60 Cm rokok, satu bulan berarti kita menghisap rokok panjangnya 1.800 Cm. ya hampir 20 meter. Kalau diakumulasi setahun kira kira 200 meter.
Cara lain upaya berhneti merokok, bayangkan bila kita membeli rokok berarti kita membeli sampah yang tidak berguna, karena setelah dibakar abu dan puntungya dibuang dan asapnya melayang mencemari rumah kita, kantor kita bahkan anak anak dan keluarga kita.
Bagi anda yang ingin mencoba, silahkan mencoba berhenti mulai dari sekarang jangan tunda tunda lagi …. semoga berhasil.
Possibly related posts: (automatically generated)

Tidak ada komentar: